Macam- macam Unsur-unsur Puisi

PUISI
B.1. Unsur-unsur Puisi
Pengertian puisi sampai saat ini masih diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Tidak konsistennya pengertian puisi lebih disebabkan oleh perkembangan puisi yang semakin hari semakin beragam dan mengakibatkan lahirnya jenis-jenis puisi baru. Sehingga, sulit menyimpulkan apa pengertian puisi yang bisa dikenakan pada berbagai jenis puisi pada berbagai zaman.
Berikut ini beberapa definisi atau pengertian puisi yang dikemukakan oleh ahli-ahli sastra.
1.Riffaterre
A poem says one thing and means another (lewat Sarjono, 2001:124)
2.Herbert Spencer
Puisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan (via Waluya 1995:23).
3.Herman J. Waluya
Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya (1995:25).
4.Sapardi Djoko Damono
Puisi adalah sebentuk cara untuk mengungkapkan sesuatu yang banyak dengan cara yang paling sedikit (via Ebo, 2003:69).
Berdasarkan definisi-definisi puisi di atas, dapat ditarik benang merah tentang pengertian puisi, yaitu bentuk karya sastra yang bermuatan banyak dengan wujud bahasa yang dipadatkan.
Sebuah puisi terbangun dari dua hal, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Struktur fisik berkaitan dengan diksi (diction), kata kongkret (the concrete word), gaya bahasa (figurative language), dan bunyi yang menghasilkan rima dan ritma (rhyme and rhytm). Struktur batin meliputi perasaan (feeling), tema (sense), nada (tone), dan amanat (intention) (Richards lewat Waluya, 1995:24).
Struktur fisik dan struktur batin dipadu oleh penyair untuk mencapai nilai estetis dalam puisinya. Memang, ada juga penyair yang hanya mengolah struktur fisik atau stuktur batinnya saja sehingga orang sering menyebut sebuah puisi dengan komentar “bahasanya bagus” atau “maknanya bagus”. Lebih dari itu semua, setiap penyair selalu berusaha menulis puisi yang mencapai apa yang disebut oleh Horace: dulce et utile. Hendaknya, sebuah puisi tidak saja indah, tapi juga harus bermanfaat. Dan sebaliknya, tidak hanya bermanfaat, tapi juga harus indah.
Dalam sebuah wawancara, Sapardi Djoko Damono (lewat Ebo, 2003:69) mengungkapkan bahwa dalam sebuah puisi, setiap kata adalah sesuatu yang bermakna. Bagi Chairil Anwar, kata-kata adalah agung, angker, yang bisa memancarkan sinar kharismatik. Lain halnya menurut Sutardji. Kata-kata adalah kata-kata itu sendiri, sehingga ia harus dibebaskan dari beban makna maupun metafora. Bagi Afrizal Malna, kata-kata adalah bahasa sehari-hari agar rakyat jelata bisa selamat dari pemberangusan (Rampan, 2000:xxxviii). Jadi, memang tidak ada kata-kata yang mubadzir yang ditulis oleh penyairnya. Setiap kata mengandung berbagai makna sehingga mampu mewakili berbaris-baris kalimat yang hendak diungkapkan penulisnya. Hal ini pulalah yang membuat penafsiran terhadap sebuah puisi menjadi bermacam-macam. Akan tetapi, pada dasarnya karya sastra termasuk puisi memang multiinterpretable.

 
Autos Car New Motorcycles,New auto Pics,Yamaha mio Kawasaki Ninja Toyota Yaris Honda cbr Hummer Mobil Avanza Ghost NighterYamaha JupiterVixion MionBajaj PulsarMedical Health Community Sexy Art Man House Design Business Flower Games oto Racing Championcup